PENGARUH MODEL COOPERATIF LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MAN 1 MEDAN

Jusasni, Reni Anggreani and Khairuna, Khairuna (2022) PENGARUH MODEL COOPERATIF LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIO-VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI MAN 1 MEDAN. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 11 (2). pp. 1-12. ISSN ISSN: 2528-5092 (Online) 1411-8173 (Print)

[img] Text
Artikel Jurnal_Reni Anggreani Jusasni_0310183114_Tbio.pdf

Download (265kB)

Abstract

Penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang tidak tepat dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan melaksanakan pembelajaran konvensional yang cenderung teacher centered sehingga siswa menjadi pasif dan hasil belajar rendah, maka perlu dilakukan upaya pembelajaran yang melibatkan interaksi guru dan siswa, maka dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif berbantu media audio-visual diharapkan memberi pengaruh yang baik terhadap hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini dilakukan dari bulan Maret hingga bulan Mei 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experiment Design pada Nonequivalent Control Group Design yaitu desain eksperimen dengan melihat perbedaan pre-test maupun post-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, instrument tes berupa pre-test dan post- test. Penelitian ini memiliki sampel kelas XI MIA – 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA - 4 sebagai kontrol. Rata-rata hasil post-test eksperimen 96,3 dan rata-rata post-test kontrol 85,7. Sehingga kelas eksperimen terdapat penambahan nilai menjadi lebih baik dan terdapat pengaruh pada penerapan model pembelajaran kooperatif berbantu media audio-visual terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI pada materi sistem ekskresi manusia di MAN 1 Medan. Dengan Uji ttest Kelas Eksperimen dan Kelas Kontrol telah di dapatkan thitung bernilai 4,004 dan ttabel bernilai 1,672, sehingga menunjukan thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pembelajaran Kooperatif Berbantu Media Audio-Visual, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Nov 2022 06:31
Last Modified: 05 Nov 2022 06:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16207

Actions (login required)

View Item View Item