Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbasis Entrepreneurship Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA pada Materi Jamur

Jannah, Nurul and Khairuna, Khairuna (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Berbasis Entrepreneurship Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA pada Materi Jamur. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 8 (2). pp. 430-441.

[img] Text
Nurul Jannah_Artikel Jurnal.pdf

Download (616kB)

Abstract

Model pembelajaran project based learning (PJBL) didefinisikan sebagai pembelajaran yang inovatif serta multistrategi secara kritis guna menunjang keberhasilan siswa dalam mengembangkan keterampilan diabad 21 saat ini. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa terhadap materi jamur yang diterapkan model pembelajaran (PJBL) berbasis entrepreneurship kelas X SMA Negeri 1 Aek Songsongan tahun akademik 2021/2022. Jenis penelitian dengan kuantitatif oleh desain penelitian True-ekperimental dalam bentuk pretest-posttest control group design. Sampel penelitian terdiri atas kelas eksperimen X MIA3 dan kelas kontrol X MIA4 setelah dipilih secara cluster random sampling. Instrument penelitian menggunakan tes diagnostik melalui tes pilihan berganda dan angket tanggapan siswa. Teknik analisis data menggunakan bantuan IBM SPSS 24 dan Microsoft Excel 2013. Perhitungan hasil uji hipotesis, berdasarkan taraf signifikansi α= 0,05 memperoleh thitung 6.830 dan nilai ttabel 1.669. Sebab thitung > ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat diartikan dengan ini, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran project based learning (PJBL) berbasis entrepreneurship terhadap hasil belajar siswa kelas X pada materi Jamur. Dengan kesamaan nilai yang diperoleh kelas kontrol 45.15 dan kelas eksperimen 62.52 dengan pencapaian nilai maksimal kelas kontrol 60 dan kelas eksperimen 83.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Entrepreneurship, Hasil Belajar, Jamur, Model Pembelajaran PJBL
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 04 Nov 2022 05:52
Last Modified: 04 Nov 2022 05:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16201

Actions (login required)

View Item View Item