Peran Guru IPS Dalam Mengimplemetasikan Nilai-nilai Multikulturalisme Di SMP Negeri 2 Marbau

Aini, Nur (2021) Peran Guru IPS Dalam Mengimplemetasikan Nilai-nilai Multikulturalisme Di SMP Negeri 2 Marbau. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2_BAB I.pdf

Download (572kB)
[img] Text
3_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] Text
5_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6_BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
7_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peran Guru IPS Dalam Mengimplementasikan Nilai-nilai Multikulturalisme di SMP Negeri 2 Marbau, (2) Problem dan solusi yang dihadapi dalam Mengimplementasikan Nilai-nilai Multikulturalisme di SMP Negeri 2 Marbau. Jenis penelitian ini adalah penenlitian Kualitatif Deskriptif dengan subjek penelitiannya adalah guru-guru IPS, siswa-siswa SMP Negeri 2 Marbau, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneliti menunjukkan bahwa (1) Peran Guru Dalam Mengimplementasikan Nilai-nilai Multikulturalisme di SMP Negeri 2 Marbau, (a) Peran Guru IPS dalam Mengimplementasikan nilai toleransi yaitu peran guru sebagai Pembimbing dan Jembatan antar generasi, (b) Peran Guru IPS dalam Mengimplementasikan Nilai Keadilan yaitu peran guru sebagai Pembimbing dan Stimulus kreatifitas, (c) Peran Guru IPS dalam Mengimplementasikan nilai Kemanusiaan yaitu peran guru sebagai Pembimbing, (d) Peran Guru IPS dalam Mengimplementasikan Nilai Tolong-menolong yaitu peran guru sebagai otoritas dan Stimulus kreatifitas. (2) Problem dan solusi yang dihadapi dalam Mengimplementasikan Nilai-nilai Multikulturalisme di SMP Negeri 2 Marbau, (a) Problem Guru IPS dalam Mengimplementasikan Nilai-nilai Multikulturalisme yaitu Sikap dari individu itu sendiri, Lingkungan dan Waktu, (b) Solusi Mengenai Problem Guru IPS dalam Mengimplementasikan Nilai-nilai Multikulturalisme di SMP Negeri 2 Marbau yaitu menanamkan dan mencontohkan nilai-nilai multikulturalisme yang kuat saat kegiatan pembelajaran atau diluar pembelajaran, dari sisi lingkungandiharapkan saling bekerjasama dengan orangtua adapun dari segi waktu guru harus bisa untuk memaksimalkan waktu yang ada karna kita tidak tau sampai kapan pandemi ini berakhir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran seorang guru sangatlah penting guna mengimplementasikan nilai-nilai multikulturalisme pada siswa di SMP Negeri 2 Marbau.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran-Guru-IPS, Nilai-nilai Multikulturalisme
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2022 06:33
Last Modified: 03 Nov 2022 06:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16191

Actions (login required)

View Item View Item