Pengaruh Model Problem Based Learning disertai Mind Mapping Technique terhadap Kemampuan Pemecahan Siswa pada Materi Sistem Imun di MAN 3 Medan

Ardiansyah, Muhammad (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning disertai Mind Mapping Technique terhadap Kemampuan Pemecahan Siswa pada Materi Sistem Imun di MAN 3 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_MUHAMMAD ARDIANSYAH_TADRIS BIOLOGI.pdf

Download (712kB)
[img] Text
BAB 1_MUHAMMAD ARDIANSYAH_TADRIS BIOLOGI.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB 2_MUHAMMAD ARDIANSYAH_TADRIS BIOLOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
BAB 3_MUHAMMAD ARDIANSYAH_TADRIS BIOLOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB 4_MUHAMMAD ARDIANSYAH_TADRIS BIOLOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB 5_MUHAMMAD ARDIANSYAH_TADRIS BIOLOGI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_MUHAMMAD ARDIANSYAH_TADRIS BIOLOGI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran biologi masih tergolong rendah berdasarkan hasil PISA dan observasi penelitian, sehingga tidak relevan dengan tujuan utama pendidikan Abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pengaruh model problem based learning disertai mind mapping technique terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI MIA MAN 3 Medan pada materi sistem imun. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI MIA MAN 3 Medan sebanyak 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian post-test control group. Instrumen penelitian berupa tes esai yang disusun berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah menurut Purnamasari & Setiawan. Teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 22. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test dan uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 dan nilai R2 sebesar 0,914, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya terdapat pengaruh model problem based learning disertai mind mapping technique terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di MAN 3 Medan pada materi sistem imun dengan pengaruh sebesar 91,4%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Mind Mapping, Pemecahan Masalah, Sistem Imun
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2022 05:47
Last Modified: 03 Nov 2022 05:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16188

Actions (login required)

View Item View Item