Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning melalui Game Edukasi LACAKU pada Materi Operasi Aljabar

Annisah, Annisah (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning melalui Game Edukasi LACAKU pada Materi Operasi Aljabar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Annisah_Cover - daftar lampiran.pdf

Download (517kB)
[img] Text
Annisah_BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] Text
Annisah_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (735kB)
[img] Text
Annisah_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img] Text
Annisah_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Annisah_BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Annisah_Dapus-Lampiran.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning di SMPN 14 Medan kelas VII. Penilitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keperaktisan dan keefektifan media yang dikembangkan. Materi ajar yang disajikan peneliti ialah operasi aljabar untuk peserta didik kelas VII SMP. Metodologi penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) yaitu pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning menggunakan Model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 14 Medan. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan angket. Teknik analisis data validasi menggunakan skala likert dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Kelayakkan media berdasarkan penilaian ahli media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 83.05% dengan kriteria “sangat layak” dan penilaian ahli materi mendapatkan rata – rata persentase sebesar 83,65% dengan kriteria “sangat layak”. (2) Kepraktisan media pembelajaran berdasarkan respon siswa setelah menggunakan media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 79,94% dengan kriteria “sangat praktis”. (3) Keefektifan media berdasarkan hasil ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran matematika interaktif sebesar 90,625%. Berdasarkan hasil penelitian, penggunaan media pembelajaran matematika berbasis mobile learning melalui game edukasi LACAKU dapat dikatakan layak dengan kategori sangat layak, sangat praktis dan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, mobile learning, game edukasi LACAKU
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2022 05:30
Last Modified: 03 Nov 2022 05:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16187

Actions (login required)

View Item View Item