Perbedaan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving

Sinaga, Rizky Amaliani (2022) Perbedaan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Skripsi_Rizky Amaliani Sinaga_0305181009_PMM_FITK.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB I Skripsi_Rizky Amaliani Sinaga_0305181009_PMM_FITK.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB II Skripsi_Rizky Amaliani Sinaga_0305181009_PMM_FITK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] Text
BAB III Skripsi_Rizky Amaliani Sinaga_0305181009_PMM_FITK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] Text
BAB IV Skripsi_Rizky Amaliani Sinaga_0305181009_PMM_FITK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] Text
BAB V Skripsi_Rizky Amaliani Sinaga_0305181009_PMM_FITK.pdf

Download (353kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi_Rizky Amaliani Sinaga_0305181009_PMM_FITK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Perbedaan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving”, yang dilatarbelakangi bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika siswa masih rendah disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Padahal kurikulum 2013 di Indonesia menuntut siswa memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika siswa yang diajar melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan yang diajar melalui model pembelajaran Problem Solving pada materi Statistika di kelas VIII MTs Negeri 2 Deli Serdang Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian true eksperimental. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Deli Serdang, yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 64 siswa yang dijadikan sampel pada penelitian ini. Intrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika siswa adalah tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan uji-t dan analisis deskriptif. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika siswa kelas eksperimen yang diajar melalui model pembelajaran Discovery Learning dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika siswa kelas kontrol yang diajar melalui model pembelajaran Problem Solving pada materi Statistika di kelas VIII MTs Negeri 2 Deli Serdang. Hal ini dibuktikan dengan uji-t dimana < yaitu 0,081 < 2,000, maka diterima dan ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dan Problem Solving sama-sama baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi matematika siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Discovery Learning, Problem Solving, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Siswa.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Nov 2022 08:43
Last Modified: 01 Nov 2022 08:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16150

Actions (login required)

View Item View Item