Sarah, Muni (2022) Penerapan Standar Operasinal Prosedur (SOP) Dalam Meningkatkan Layanan Akademik Di MAS Al Washliyah 22 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER SKRIPSI (MUNI SARAH-MPI).pdf Download (367kB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI (MUNI SARAH-MPI).pdf Download (176kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI (MUNI SARAH-MPI).pdf Restricted to Repository staff only Download (584kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI (MUNI SARAH-MPI).pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI (MUNI SARAH-MPI).pdf Restricted to Repository staff only Download (999kB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI MUNI SARAH-MPI.pdf Download (166kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI MUNI SARAH-MPI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di MAS Al Washliyah 22 Tembung Kec. Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang dengan tujuan untuk mengetahui: 1) untuk mengetahui Penerapan SOP dalam layanan akademik di MAS Al Washliyah 22 Tembung, 2) untuk mengetahui keterlibatan guru dalam menyusun SOP pendidikan di MAS Al Washliyah 22 Tembung, 3) untuk mengetahui keterlibatan kepala sekolah dalam mengawasi penerapan SOP dalam meningkatkan layanan akademi di MAS Al Washliyah 22 Tembung, 4) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan SOP di MAS Al Washliyah 22 Tembung. Dengan demikian adanya Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam meningkatkan layanan akademik merupakan pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan sesuai dengan fungsi dari pekerjaan tersebut sehingga mencapai layanan pendidikan yang baik. Jenis penelitiannya menggunakan kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data menggunakan obsevasi, wawancara dan studi dokumen. Setelah data dianalisis, kemudian diambil kesimpulan dengan berfikir deduktif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Penerapan SOP dalam layanan akademik berdasarkan aturan pemerintah yang segala sesuatunya berfokus pada patokan edaran yang diterapkan pemerintah, 2) Keterlibatan guru dalam menyusun SOP pendidikan tidak semua hanya sebagian guru-guru tertentu saja yang memahami apa itu SOP, 3) Keterlibatan kepala sekolah dalam mengawasi penerapan SOP meningkatkan layanan akademik sebagai memonitoring kegiatan- kegiatan yang dilakukan oleh guru bidang study dan wali kelas masing-masing, 4) Faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan SOP dalam meningkatkan layanan akademik Faktor pendukung adanya dukungan dari orang tua, dari masyarakat, adanya evaluasi pelatihan dari SOP, pendidikan berkelanjutan, dan pengawasan. Faktor penghambatnya seperti adanya perbedaan pandangan dari anggota dalam penyusunan serta penerapan SOP dalam unit kerja dari masing- masing, dan dari personilnya yaitu Personilnya masih kurang memahami apa yang namanya SOP. Walaupun masih ada beberapa hal peneliti rasa perlu ditingkatkan lagi terutama dalam penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam meningkatkan layanan akademik
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Standar Operasional Prosedur (SOP), Layanan Akademik. |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 04:09 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 04:09 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16133 |
Actions (login required)
View Item |