Etnomatematika dalam Budaya Suku Alas di Kabupaten Aceh Tenggara

Aflah, Hariyu and Andhany, Ella (2022) Etnomatematika dalam Budaya Suku Alas di Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (3). pp. 2376-2390. ISSN 2579-9258

[img] Text
Jurnal Hariyu Aflah.pdf

Download (571kB)

Abstract

Indonesia memiliki 1.340 suku yang tersebar di 32 provinsi di wilayah indonesia. Salah satu nya adalah suku alas yang mendiami wilayah tenggara provinsi Aceh, tepatnya berada dikabupaten Aceh Tenggara. Suku alas memiliki kebudayaan tersendiri yang begitu kaya sehingga bisa diambil pelajaran didalamnya, tak terkecuali bagi pembelajaran matematika yang bisa dikaitkan dengan budaya adat alas, yang biasa disebut dengan etnomatematika. Etnomatematika merupakan sebuah pembelajaran matematika dengan memasukan unsur sebuah budaya didalamnya. Etnomatematika merupakan sebuah penelitian yang diharapkan mampu merubah persepsi peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui budaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah human instrument. Peneliti menggunakan kajian literatur, wawancara, observasi dan juga dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data penelitian. Penelitian ini memfokuskan unsur budaya suku alas dengan pembelajaran matematika.Unsur budaya yang dimaksud disini adalah pakaian adat, alat musik, makanan tradisional, rumah adat, permainan tradisional dan senjata tradisional yang digunakan penduduk suku alas, hasil penelitian menunjukkan adanya berbagai konsep, ide, dan aktivitas matematika dalam budaya suku alas seperti Geometri, Aljabar, dan Interval sehingga dapat memudahkan peserta didik dalam memahami pembelajaran yang disampaikan.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Suku Alas, Etnomatematika
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Oct 2022 03:35
Last Modified: 31 Oct 2022 03:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16120

Actions (login required)

View Item View Item