Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI IPA MAN Pematangsiantar

Naipospos, Aulia Tara Syahfitri (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI IPA MAN Pematangsiantar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (442kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Mind Mapping terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas XI IPA MAN Pematangsiantar” yang dilatarbelakangi bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pembelajaran matematika masih tergolong rendah dan kegiatan pembelajaran di kelas umumnya selalu menggunakan metode konvensional yang berpuat pada guru. Metodologi penelilitan ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Pematangsiantar. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen I dengan siswa berjumlah 36 siswa yang akan diterapkan model Problem Based Learning dan kelas XI IPA-5 sebagai kelas eksperimen II yang berjumlah 37 siswa dan akan diterapkan model Mind Mapping. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa, (3) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Mind Mapping

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Oct 2022 06:36
Last Modified: 20 Oct 2022 06:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16087

Actions (login required)

View Item View Item