Model Bimbingan Teknis Dalam Mewujudkan Peningkatan Kinerja Penanggulangan Bencana Di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara

Pulungan, Riski Adinda (2022) Model Bimbingan Teknis Dalam Mewujudkan Peningkatan Kinerja Penanggulangan Bencana Di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
RAP COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
RAP BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
RAP BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
RAP BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text
RAP BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB) | Request a copy
[img] Text
RAP BAB V.pdf

Download (104kB)
[img] Text
RAP DAPUS & LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bimbingan teknis dalam mewujudkan peningkatan kinerja penanggulangan bencana serta faktor pendukung dan penghambat dalam mewujudkan peningkatan kinerja penanggulangan bencana di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara. Penelitian dilaksanakan di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berdasarkan riset lapangan (field research) dengan 6 orang sebagai informan penelitian, yakni 3 selaku pembimbing/instruktur dan 3 orang peserta bimbingan teknis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini yaitu: (1) model bimbingan teknis yang diberikan kepada peserta penanggulangan bencana yaitu meliputi bimbingan belajar, sosialisasi, latihan fisik, psikososial, dan bimbingan keterampilan/keahlian khusus dengan menggunakan metode-metode yang bervariasi sesuai dengan materi yang diberikan. (2) Faktor pendukung dalam mewujudkan peningkatan kinerja penanggulangan bencana yaitu narasumber yang professional, sarana dan prasarana yang memadai, serta dukungan stakeholder. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu sebagian narasumber yang kurang berpengalaman dan peserta dengan beragam karakter dan sifat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Teknis, Peningkatan Kinerja, Penanggulangan Bencana
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Oct 2022 07:14
Last Modified: 19 Oct 2022 07:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16067

Actions (login required)

View Item View Item