Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Antara Siswa yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Inkuiri dan Discovery Learning Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII MTs Muhammadiyah 15 Medan

Rizky, Nazly Aulia (2022) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Antara Siswa yang Diajarkan Dengan Model Pembelajaran Inkuiri dan Discovery Learning Pada Materi Teorema Pythagoras Di Kelas VIII MTs Muhammadiyah 15 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
(0) BAB COVER SKRIPSI NAZLY.pdf

Download (754kB)
[img] Text
(0) BAB I SKRIPSI NAZLY.pdf

Download (486kB)
[img] Text
(0) BAB II SKRIPSI NAZLY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text
(0) BAB III SKRIPSI NAZLY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
(0) BAB IV SKRIPSI NAZLY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
(0) BAB V SKRIPSI NAZLY.pdf

Download (210kB)
[img] Text
(0) BAB LAMPIRAN SKRIPSI NAZLY.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inkuiri dan discovery learning pada materi teorema pythagoras di kelas VIII MTs Muhammadiyah 15 Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah 15 Medan. Populasinya adalah seluruh siswa di MTs Muhammadiyah 15 Medan, dan sampelnya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 15 Medan dan pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dimana kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen-1 dan kelas VIII-II sebagai kelas eksperimen-2. Dari hasil analisis data pada post-test diperoleh bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen-1 adalah 76,5, sedangkan pada kelas eksperimen-2 diperoleh nilai rata-rata sebesar 70, 43. Serta diperoleh thitung 1,54 dan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,70. Dengan melihat kriteria keputusan thitung < ttabel hal ini menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan secara signifikan antara pembelajaran inkuiri dan discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah 15 Medan pada materi teorema pythagoras. Dari hasil diatas maka dapat disimpulkan: model pembelajaran inkuiri dan discovery learning memiliki perbedaan yang baik terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada materi teorema pythagoras di kelas VIII MTs Muhammadiyah 15 Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Inkuiri, Discovery Learning
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Oct 2022 08:34
Last Modified: 18 Oct 2022 08:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16051

Actions (login required)

View Item View Item