Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Game-Based Learning (GBL) Sebagai Bahan Ajar Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Untuk Kelas X SMA

Ardianty, Cindy (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Game-Based Learning (GBL) Sebagai Bahan Ajar Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Untuk Kelas X SMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER CINDY ARDIANTY.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB I CINDY ARDIANTY.PDF

Download (7MB)
[img] Text
BAB II CINDY ARDIANTY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
BAB III CINDY ARDIANTY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
BAB IV CINDY ARDIANTY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB V CINDY ARDIANTY.pdf

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA CINDY ARDIANTY.PDF

Download (9MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Game-Based Learning (GBL) Sebagai Bahan Ajar Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Untuk Kelas X SMA” dilatarbelakangi oleh kurang tersedianya bahan ajar yang bersifat konkret dan belum adanya pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dalam mendukung kegiatan pembelajaran matematika di SMA Negeri 5 Binjai. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (four-D) yang terdiri atas empat tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek pada penelitian ini adalah (1) tiga validator yakni ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, (2) guru matematika, dan (3) peserta didik kelas X MIA-1 SMA Negeri 5 Binjai. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara, dan penilaian modul oleh validator untuk mengukur kevalidan, lembar evaluasi modul oleh guru matematika dan peserta didik untuk mengukur kepraktisan, serta lembar tes sebelum dan setelah penggunaan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk yang dikembangkan adalah berupa modul cetak berbasis game-based learning dengan ukuran 210 mm x 297 mm, (2) tingkat kevalidan modul pembelajaran berbasis game-based learning oleh ahli materi menunjukkan persentase sebesar 90% dengan kriteria sangat valid, ahli media 93,64% dengan kriteria sangat valid, dan ahli bahasa 95,38% dengan kriteria sangat valid, (3) tingkat kepraktisan modul pembelajaran berbasis game- based learning oleh guru matematika berada pada kriteria sangat praktis dengan persentase 94% dan peserta didik 91,17%, dan (4) ujicoba tes hasil belajar peserta didik mendapat skor rata-rata N-Gain sebesar 0,4917 dengan kriteria efektivitas yang sedang dan diperoleh selisih rata-rata nilai pre-test dan post-test sebesar 25,44.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: modul pembelajaran, game-based learning, bahan ajar matematika, model pengembangan 4D
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Oct 2022 08:11
Last Modified: 18 Oct 2022 08:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16049

Actions (login required)

View Item View Item