Desain Buku Saku Matematika Berbasis HOTS Kelas X Sebagai Media Pembelajaran

Sinaga, Mhd. Siddik and Rakhmawati, Fibri (2022) Desain Buku Saku Matematika Berbasis HOTS Kelas X Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6 (2). pp. 1301-1314. ISSN 2579-9258

[img] Text
1361-Article Text-8371-1-10-20220405 (7).pdf

Download (405kB)

Abstract

Buku teks kelas 10 merupakan media cetak yang selalu digunakan peserta didik dalam belajar. Namun buku teks ini masih ditemukan beberapa kekurangan baik dari desain cover maupun isi. Akibatnya peserta didik sangat bosan untuk menggunakannya. Berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik mendesain buku saku matematika berbasis HOTS kelas X. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan buku saku matematika sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini ialah peneltian dan pengembangan atau R&D dengan menggunakan model 4-D menjadi 3-D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai persentase dari ahli media sebesar 95,5% dan dari ahli materi sebesar 94%, dengan kategori layak digunakan. Sedangkan hasil persentase respon siswa menunjukkan angka 94,04% dengan kategori sangat positif sehingga buku saku praktis digunakan oleh peserta didik di dalam kelas. Adapun persentase keefektifan pembelajaran dengan buku saku sebesar 95%, dikategorikan sangat efektif. Dapat disimpulkan bahwa desain buku saku matematika berbasis HOTS kelas X dapat digunakan sebagai media pembelajaran di dalam kelas, sehingga peserta didik akan lebih semangat dalam belajar matematika.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Mathematics Pocket Book, HOTS (Higher Order Thinking Skill), Learning Media
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Oct 2022 04:46
Last Modified: 18 Oct 2022 04:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16048

Actions (login required)

View Item View Item