Makna Zikir Dalam Tafsir Q.S Al-Ahzab Ayat 41-42 Studi Terhadap Praktek Zikir Ratib Seribe (Seribu) Masyarakat Desa Wih Tenang Toa Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah

Mardiana, Mardiana (2022) Makna Zikir Dalam Tafsir Q.S Al-Ahzab Ayat 41-42 Studi Terhadap Praktek Zikir Ratib Seribe (Seribu) Masyarakat Desa Wih Tenang Toa Kecamatan Permata Kabupaten Bener Meriah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover .pdf

Download (944kB)
[img] Text
BAB I_2.pdf

Download (597kB)
[img] Text
BAB II_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
BAB III_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
BAB IV_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
BAB V_2.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Majelis Zikir Ratib Seribe (Seribu) ini identik dengan suara yang keras dan lantam dalam pengucapan kalimat “Laa Ilaaha Illallaah” Zikir ini proses pelaksaaannya dengan memadamkan lampu ketika sedang berzikir supaya untuk melunakan hati yang keras menjadi lembut. Dan Sebagai sebuah lembaga keagamaan Majelis Zikir Ratib Seribe (Seribu) sudah berkembang sangat pesat. Hal ini yang melatarbelakangi penulis untuk melaksanakan penelitian dan menjadikannya dalam bentuk karya ilmiah berupa skripsi. Yang menjadi pokok permasalahan yang mucul dari skripsi ini adalah Pertama makna zikir dalam Tafsir Q.S Al-Ahzab:41-42, kedua bagaimana cara dan proses pelaksanaan zikir Ratib Seribe (Seribu), dan ketiga, Pengaruh Zikir Ratib Seribe (Seribu) Terhadap Akhlak Masyarakat Desa. Tujun penelitian ini penulis ingin mengetahui bagaimana pelaksanan dan pengaruh Zikir Ratib Seribe (Seribu) terhadap Akhlak Masyarakat. Dalam pendekatan mendapatkan data penulis menggunakan penelitian kualitatif. Melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi serta angket sebagai instrument penelitian. Berdasarkan hasil dari penelitian telah menunjukkan secara kongkrit dalam penulisan ini, bahwasanya Majelis Zikir Ratib Seribe (Seribu) ini proses pelaksaanannya diawali dengan pengajian, pembacaan makalah Abuya, Istigfar, Shalawat, membaca Al-Fatihah, dan langsung berzikir. Dan pengaruh terhadap Akhlak Masyarakat yaitu bertujuan untuk menumbuhkan dan membangun Akhlak yang baik bersumber pada akal yang sadar maupun tidak sadar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Zikir Ratib Seribe (Seribu) Q.S Al-Ahzab:41-42, Praktek Zikir
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Oct 2022 15:27
Last Modified: 14 Oct 2022 15:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16021

Actions (login required)

View Item View Item