Peramalan Jumlah Penderita Covid-19 Di Provinsi Sumatera Utara Dengan Menggunakan Metode Automatic Clustering Fuzzy Time Series Markov Chain

Siregar, Anggi Ramadany (2021) Peramalan Jumlah Penderita Covid-19 Di Provinsi Sumatera Utara Dengan Menggunakan Metode Automatic Clustering Fuzzy Time Series Markov Chain. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER_SKRIPSI_ANGGI_RAMADANY_SIREGAR_MATEMATIKA_FST (1).pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I_SKRIPSI_ANGGI_RAMADANY_SIREGAR_MATEMATIKA_FST (2).pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II_SKRIPSI_ANGGI_RAMADANY_SIREGAR_MATEMATIKA_FST (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III_SKRIPSI_ANGGI_RAMADANY_SIREGAR_MATEMATIKA_FST (4).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV_SKRIPSI_ANGGI_RAMADANY_SIREGAR_MATEMATIKA_FST (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V_SKRIPSI_ANGGI_RAMADANY_SIREGAR_MATEMATIKA_FST (2).pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_SKRIPSI_ANGGI_RAMADANY_SIREGAR_MATEMATIKA_FST (3).pdf

Download (3MB)

Abstract

Virus Corona adalah virus yang saat ini masih mewabah di seluruh dunia termasuk di Indonesia salah satunya di Provinsi Sumatera Utara, dikarenakan virus ini telah banyak memakan korban. Provinsi Sumatera Utara dalam kasus positif Covid-19 berada di peringkat ke-13 dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia. Antisipasi pemerintah dalam penanganan kasus Covid-19 yaitu dengan cara melakukan peramalan jumlah positif Covid-19. Salah satu metode yang digunakan untuk melakukan peramalan penderita Covid-19 adalah metode Automatic Clustering Fuzzy Time Series Markov Chain. Metode Fuzzy Time Series Markov Chain digunakan untuk menyelesaikan nilai penyimpangan dari suatu nilai hasil peramalan, sedangkan Automatic Clustering digunakan untuk menentukan panjang interval dengan cara mengelompokkan data numerik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil dari suatu peramalan atau prediksi penderita Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara. Kemudian akan dilakukan perhitungan error dengan menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) untuk mengetahui tingkat keakuratan dari model peramalan yang telah dibuat. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah Penderita Covid-19. Hasil penelitian ini dari data jumlah penderita Covid-19 memilki nilai MAPE yaitu 4,53%. Nilai MAPE yang kurang dari 10% artinya peramalan dari penelitian ini memiliki krtieria yang sangat baik. Sehingga metode Automatic Clustering Fuzzy Time Series Markov Chain sangat baik untuk diterapkan dalam peramalan jumlah penderita Covid-19 di Povinsi Sumatera Utara.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peramalan, Automatic Clustering, Fuzzy Time Series, Markov Chain, dan Covid-19
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Oct 2022 13:31
Last Modified: 14 Oct 2022 13:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16010

Actions (login required)

View Item View Item