Herawati, Vivi (2022) Pengembangan Media Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Media “Rumah Eksis” di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu : Jurnal of Elementary Education, 6 (1). ISSN P-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147
Text
Vivi Herawati-PGMI.pdf Download (414kB) |
Abstract
Di dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya faktor yaitu kurangnya suatu media pembelajaran yang digunakan dalam materi pembelajaran IPA di SD Swasta Bakti Luhur Kecamatan Medan Helvetia. Dalam hal ini peneliti ingin mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa media Rumah Eksis (Edukasi Metamorfosis). Prosedur yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan prosedur penelitian R&D. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Swasta Bakti Luhur. Tujuan yang ada di dalam penelitian ini yaitu mendeskripsikan serta menerapkan suatu konsep pembuatan media pembelajaran rumah eksis materi Metamorfosis di SD IV Swasta Bakti Luhur. Langkah- langkah dalam penelitian yaitu menganalisis atau menjelaskan kebutuhan dan kepribadian siswa, menentukan suatu tujuan dalam belajar mengajar, merangkum suatu materi pembelajaran, mengembangkan suatu alat ukur keberhasilan, pra produksi (desain produk awal), produksi dan pasca produksi diadaptasi dari Sadiman. Hasil persentase dari kelulusan peserta didik dalam pembelajaran mengenai IPA dalam materi metamorfosis dengan menggunakan media Rumah Eksis menunjukkan peningkatan yaitu 20%. Disimpulkan bahwa media ini lebih efektif bila digunakan dalam mempelajari metamorfosis menggunakan media rumah eksis.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Rumah Eksis, Metamorfosis. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 13:02 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 13:02 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16006 |
Actions (login required)
View Item |