Insan, Qashasa Wilda (2022) Analisis Kemampuan Membaca Permulaan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II a MIN 7 Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER SKRIPSI QASHASA.pdf Download (820kB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI QASHASA.pdf Download (244kB) |
|
Text
BAB II SKRIPSI QASHASA.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
|
Text
BAB III SKRIPSI QASHASA.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
|
Text
BAB IV SKRIPSI QASHASA.pdf Download (829kB) |
|
Text
BAB V SKRIPSI QASHASA.pdf Download (141kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI QASHASA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran membaca permulaan, proses pelaksanaan Pembelajaran membaca permulaan, faktor-faktor yang menghambat siswa dalam membaca permulaan dan solusi yang dilakukan guru dalam mengatasi siswa yang belum mampu membaca permulaan di kelas II a MIN 7 Langkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif dan dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik yang dinyatakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan. Data penelitian diperiksa keabsahannya dengan memakai triangulangi sumber dan metode. Temuan penelitian ini menunjukkan 1) Perencanaan pembelajaran membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa indonesia guru menggunakan RPP, alat dan bahan ajar, 2) Proses pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan pada mata pelajaran bahasa indonesia guru menyuruh siswa membaca cerita pendek secara bergantian. Dalam proses membaca secara bergantian terlihat kemampuan membaca permulaan siswa/siswi kelas II a MIN 7 langkat masih sangat beragam. Ada 13 siswa yang kemampuan membaca permulaannya dalam kategori tinggi, 9 siswa kategori sedang, dan 4 siswa kategori rendah. 3) Faktor- faktor penghambat membaca permulaan siswa kelas II a terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor jasmaniah dan faktor psikologis. Faktor eksternal meliputi faktor sekolah dan faktor keluarga, 4) Solusi guru dalam mengatasi siswa yang belum mampu membaca permulaan dengan mengajari siswa/siswi membaca secara perlahan, mengadakan jam tambahan, mengajar dengan strategi dan metode yang bervariasi, memberikan reward, dan mengunjungi orang tua siswa untuk mendiskusikan tentang perkembangan kemampuan membaca anak.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Membaca Permulaan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 14 Oct 2022 09:33 |
Last Modified: | 14 Oct 2022 09:33 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15997 |
Actions (login required)
View Item |