PENGARUH LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK ASURANSI SYARIAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FEBI UIN SUMATERA UTARA)

Simatupang, Sry Daryani (2022) PENGARUH LITERASI DAN INKLUSI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK ASURANSI SYARIAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FEBI UIN SUMATERA UTARA). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER, SURAT PERNYATAAN, SURAT PERSETUJUAN, SURAT PENGESAHAAN ABSTRAK, DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (949kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (216kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Minat dipengaruhi oleh berbagai hal misalnya pengetahuan, ekonomi, keinginan keyakinan kualitas, dan kemudahan yang ada dalam sesuatu hal tersebut. Namun dari riset awal atas beberapa mahasiswa dikalangan mahasiswa Febi UIN Sumatera Utara minat akan menggunakan produk asuransi syariah tergolong rendah. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah literasi berpengaruh atau tidak terhadap minat menggunakan produk asuransi syariah, untuk mengetahui apakah inklusi keuangan syariah berpengaruh terhadap minat menggunakan produk asuransi syariah dan apakah literasi dan inklusi keuangan syariah berpengaruh secara simultan terhadap minat menggunakan produk asuransi syariah oleh mahasiswa Febi UIN Sumatera Utara. Metode yang saya pergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Untuk subyek penelitian sampel yang dipergunakan adalah 100 responden dengan teknik pengambilan data memakai Simple Random Sampling. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data primer yang dimana didapatkan melalui penyebaran kuesioner kepada para responden yakni mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara. Dalam pengolahan data penelitian mengguankan aplikasi SPSS Release 26.0 For Windows. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah bawah variabel literasi (X1) dan inklusi keuangan syariah (X2) dinyatakan valid dan reliable, dengan menggunakan olah data regresi linier berganda seperti berikut : Y = -6,213 + 0,404X1 + 0,822X2+e. Sehingga diperoleh hasil uji simultan (Uji F) bahwa variabel bebas yang terdiri dari literasi dan inklusi keuangan syariah secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat dalam hal ini minat menggunakan produk asuransi syariah pada mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara. Akan tetapi berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (R2 ) menerangkan bahwa literasi dan inklusi keuangan syariah secara simultan dalam mempengaruhi minat mahasiswa sebanyak 58,7% dan untuk sisanya 51,3% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Berdasarkan hipotesis parsial (Uji-t) diketahui bahwa variabel literasi berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa dan variabel inklusi keuangan syariah berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Oct 2022 07:20
Last Modified: 11 Oct 2022 07:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15980

Actions (login required)

View Item View Item