Strategi Public Relations Baitul Maal Masjid Al Ikhlas Pasar VII Padang Bulan Kota Medan Dalam Menarik Minat Donatur Untuk Menyalurkan Dana Zakat, Infak, Sedekah, Dan Wakaf (ZISWAF)

Wahyuddin, Wahyuddin (2022) Strategi Public Relations Baitul Maal Masjid Al Ikhlas Pasar VII Padang Bulan Kota Medan Dalam Menarik Minat Donatur Untuk Menyalurkan Dana Zakat, Infak, Sedekah, Dan Wakaf (ZISWAF). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
cover skripsi wahyu.pdf

Download (377kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Public Relations Baitul Maal Masjid Al Ikhlas dalam menarik minat muzakki dalam memberikan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif dengan tehnik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Baitul Maal merupakan tempat atau rumah untuk mengumpulkan dan menyalurkan harta yang diberikan para donatur untuk di salurkan kepada yang orang berhak menerimanya seperti delapan Asnaf yang terdapat di dalam Al Quran adapun yang diberikan para donatur yaitu: zakat, Infak, sedekah, dan wakaf. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan Baitul Maal Masjid Al Ikhlas ini yaitu: pertama kita harus melakukan namanya pendekatan yang tertuju kepada masyarakat sekitar Masjid Al Ikhlas. Setelah itu mereka mempersentasikan atau memperkenalkan program-program kepada masyarakat, lalu kita berikan gambaran dana serta kami juga memberikan target penyalurannya. Kemudian taklupa juga mereka harus membangun namanya wadah atau tempat untuk Baitul Maal serta administrasi yang bagus yang bisa membuat para donatur, masyarakat percaya kepada lembaga ini dalam penyaluran dananya dan memaksimalkan dari sisi laporan yang terbagi menjadi tiga yaitu: Laporan Manual seperti mendatangi para jamaah kerumahnya langsung, laporan media sosial seperti membuat dokumentasi lalu kirim ke media sosial dan terakhir laporan pengumuman langsung seperti mading dan majalah. Kedua strategi ini tertuju kepada masyarakat umum yang berada dari luar lingkungan Masjid Al Ikhlas yaitu: membuat media promosi seperti membuat player kanva yang berisi ayat-ayat Al Quran tentang ajakan-ajakan tentang perlunya sedekah, manfaat sedekah, dan kegunaan sedekaah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:32
Last Modified: 11 Oct 2022 04:32
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15972

Actions (login required)

View Item View Item