Implementasi Dan Manfaat Ice Breaking Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar

Harianja, May Muna and Sapri, Sapri (2022) Implementasi Dan Manfaat Ice Breaking Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (1). pp. 1324-1330. ISSN 2580-1147

[img] Text
jurnal Basicedu May Muna Harianja.pdf

Download (291kB)

Abstract

Kejenuhan peserta didik adalah hal biasa dan kerap terjadi ketika proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini sangat wajar karena peserta didik masih dalam usia bermain. Oleh sebab itu, guru harus mempelajari metode Ice breaking. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi dari penerapan Ice breaking, manfaat dari penerapan Ice breaking, serta hubungan antara penerapan Ice breaking dengan menarik minat peserta didik. Penelitian kualitatif merupakan model penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dengan teknik analisis melalui dokumentasi. Teknik analisis data yaitu analisis beberapa artikel jurnal atau karya tulis seseorang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ice breaking dapat diterapkan pada semua mata pelajaran, termasuk pendidikan nonformal. Ice breaking dapat disatukan atau dipadukan dengan model pembelajaran Realistik Setting Kooperatif (Resik) dan model pembelajaran lannya. (2) Dengan diterapkannya Ice breaking dapat menarik minat belajar siswa, motivasi belajar, daya serap, hasil belajar serta kemampuan komunikasi matematis. (3) manfaat yang didapat dari diterapkannya Ice breaking ini adalah untuk menghilangkan kejenuhan, kebosanan, serta rasa mengantuk dengan hal sederhana yang dapat dilakukan oleh setiap orang tanpa perlu keterampilan yang mumpuni.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Ice breaking, Implementasi, Minat belajar, Manfaat ice breaking
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 10 Oct 2022 07:50
Last Modified: 10 Oct 2022 07:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15969

Actions (login required)

View Item View Item