Praksis Kemampuan Dasar Mengajar Pada Mata Kuliah Microteaching (Studi Pada Mahasiswa Tadris IPS 1 Dan IPS 4 FITK UINSU Medan Tahun Akademik 2021/ 2022 )

Perkasa, Ripho Delzy (2022) Praksis Kemampuan Dasar Mengajar Pada Mata Kuliah Microteaching (Studi Pada Mahasiswa Tadris IPS 1 Dan IPS 4 FITK UINSU Medan Tahun Akademik 2021/ 2022 ). Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UINSU Medan.

[img] Text
Laporan Penelitian_repository.pdf

Download (75kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat serta menganalisisis:1) Bagaimana kemampuan dasar mengajar mahasiswa Tadris IPS 1 dan IPS 4 pada mata kuliah microteaching, 2) Bagaimana penilaian teman sejawat pada saat mengajar serta kendala yang dihadapi yang sering muncul pada saat mengajar Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun alat pengumpulan data pada penelitian ini meliputi peneliti sendiri dan tim, yang dibekali dengan pedoman wawancara, pedoman dalam observasi, serta dokumentasi untuk menjamin keabsahan data, agar lebih mengacu pada standar kredibilitas dikarenakan standar tersebut lebih cocok dan lebih mudah untuk dianalisis sehingga data yang disajikan dalam penelitian akan lebih akurat. Sedangkan Penjamin keabsahan data dalam standar ini dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, pengamatan lebih tekun serta triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Kemampuan dasar mengajar mahasiswa pada saat pelaksanaan micro teaching sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan, hal itu ditandai oleh terjadi peningkatan penilaian pada masing- masing kemampuan dasar mengajar yang diambil pada penilaian pertama dan penilaian yang kedua, 2) Penilaian teman sejawat yang disampaikan oleh masing-masing rekan seajawat sudah mampu membuat mahasiwa memahami kesalahan- kesalahan yang mereka lakukan pada saat mengajar sehingga dapat dijadikan sebagai masukan dalam perbaikan dimasa yang akan datang. Disisi lain dikelas ditemukan permasalahan- permasalahan pada saat pratikum microteaching adalah a) alokasi waktu pada saat pelaksanaan praktek mengajar yang terlalu singkat , b) Jumlah mahasiswa yang terlalu banyak dalam satu kelas menyebabkan pelaksanaan dilaksanakan pratikum microteaching seringkali meminta mahasiswa untuk jam tambahan c) sirkulasi listrik yang belum memadai diruangan kelas microteaching, d) masih kurangnya pengetahuan mahasiswa dalam penggunaan media dan, e) masih kurang mampunya mahasiswa dalam pengelolaan kelas yang baik sehingga menyebaban kelas kurang kondusif.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Sep 2022 12:53
Last Modified: 24 Sep 2022 12:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15959

Actions (login required)

View Item View Item