Penerapan Denda Atas Keterlambatan Pembayaran Iuran BPJS Keshatan Dalam Persfektif Ekonomi Islam (StudiKasus Pada BPJS Kesehatan Padang Lawas Utara)

Siregar, Winda Seriyunita (2021) Penerapan Denda Atas Keterlambatan Pembayaran Iuran BPJS Keshatan Dalam Persfektif Ekonomi Islam (StudiKasus Pada BPJS Kesehatan Padang Lawas Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover winda-1.pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB I winda-1.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB II winda-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (878kB)
[img] Text
BAB III winda-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] Text
BAB IV winda-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)
[img] Text
BAB V winda-1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA winda-1.pdf

Download (763kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Penerapan denda atas keterlambatan iuran BPJS kesehatan padang lawas utara yang ditetapkan oleh BPJS kesehatan dilatar belakangi oleh kurangnya kepatuhan peserta dalam membayar iuran berimbas pada kekurangan dana dalam keuangan BPJS kesehatan. Adanya penerapan denda atas keterlambatan pembayaran iuran BPJS kesehatan ini sebagai upaya menumbuhkan rasa tanggung jawab peserta agar lebih tertib dalam pembayarannya.Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang denda keterlambatan iuran BPJS kesehatan. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan, sedangkan sifat dari penelitian ini adalah deskriftif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukakan kepada kantor BPJS kesehatan beserta jajarannya. Skiripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. BPJS dalam memberikan jaminan kesehatan kepada peserta bertumpu pada iuran yang harus dibayarkan peserta. Dimana BPJS mengharapkan agar peserta setiap bulan melunasi kewajibannya sehingga BPJS dapat menghimpun dan bisa memeberikan kepada peserta lainnya yang sedang membutuhkan bantuan jaminan kesehatan baik berupa pembayaran layanan maupun obat-obatan. Untuk itu agar BPJS tidak mengalami kekurangan dana, maka BPJS memberlakukan sanksi (denda) terhadap peserta yang terlambat atau menunggak membayar iuran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan denda atas keterlambatan iuran BPJS kesehatan yang diterapkan kepada peserta sudah baik. Hal ini terlihat dari kesesuaian dengan prinsip-prinsip ekonomi islam yaitu tahuid, keadilan, tanggung jawab dan kejujuran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Denda, Keterlambatan Pembayaran Iuran
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 368 Insurance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 21 Sep 2022 02:40
Last Modified: 21 Sep 2022 02:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15941

Actions (login required)

View Item View Item