Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa

Ananda, Ema Rizky and Wandini, Rora Rizki (2022) Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (5). ISSN 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)

[img] Text
Ema Rizky Ananda-0306182134.pdf

Download (271kB)

Abstract

Kepercayaan diri sangat berpengaruh pada kesuksesan siswa, rasa percaya diri siswa dapat mendorong siswa untuk sukses. Dalam konteks pendidikan, ketika siswa memiliki selfefficacy yang tinggi, maka mereka mampu termotivasi untuk berhasil mencapai tujuan belajarnya dan menghadapi kesulitan (tugas). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematika siswa ditinjau dari self efficacy siswa pada materi penjumlahan dua bilangan. Menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian siswa dan guru kelas I di SDIT Daarul Istiqlal Kecamatan Patumbak Deli Serdang, Sumatera Utara. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kisaran efikasi diri yang beragam dan memiliki tingkat efikasi diri rata-rata sedang. Siswa dengan efikasi diri yang kuat memiliki tingkat literasi matematika sedang, sedangkan siswa dengan efikasi diri sedang hingga rendah memiliki tingkat literasi matematika yang rendah. Siswa dengan efikasi diri kuat memiliki kemampuan literasi yang lebih unggul daripada mereka yang memiliki efikasi diri sedang dan rendah, dan siswa dengan efikasi diri sedang memiliki kemampuan literasi matematika yang lebih unggul daripada mereka yang memiliki efikasi diri rendah.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: efikasi; deskriptif; literasi matematika; sedang; rendah; unggul
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Sep 2022 04:31
Last Modified: 20 Sep 2022 04:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15928

Actions (login required)

View Item View Item