Giyamna, Azzahrawani (2021) Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di SD Negeri 016531 Desa Sei Nadoras Kec. Bandar Pasir Mandoge Kab.Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (254kB) |
|
Text
BAB II (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (511kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
Text
BAB IV (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (433kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (158kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepribadian guru agama Islam yang mantap & stabil, dewasa dan berwibawa dalam membentuk karakter religius siswa di SD Negeri 016531 Sei Nadoras. Faktor pendukung dan penghambat guru agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa di SD Negeri 016531 Sei Nadoras. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi kepribadian guru agama Islam yang mantap & stabil, dewasa dan berwibawa dalam membentuk karakter religius siswa. Subjek dari penelitian ini adalah guru agama Islam dan siswa-siswi di SD Negeri 016531 Sei Nadoras. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Melalui penelitian ini, ditemukan bahwa dengan memiliki kepribadian yang mantap & stabil, dewasa dan berwibawa, guru agama Islam mencontohkan sikap yang religius, disiplin, patuh, jujur, sopan, empati, rapi, saling menghargai dan lemah lembut. Sikap dan kepribadian yang ditampilkan guru agama Islam merupakan bentuk keteladanan bagi guru agama Islam dalam membentuk karakter religius siswa. Keberhasilan tersebut terlihat dari sikap yang ditunjukkan siswa dalam kehidupannya sehari-hari. Walau guru agama Islam sudah memberikan sikap dan kepribadian yang baik tidak membuat semua siswa mencontohnya karena memang latarbelakang keluarga dan karakter siswa yang berbeda-beda. Sikap dan karakter religius yang ditunjukkan siswa juga berbeda-beda.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 19 Sep 2022 07:18 |
Last Modified: | 19 Sep 2022 07:18 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15906 |
Actions (login required)
View Item |