Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Web Di Masa Pandemi Pada Pembelajaran IPS Tema 5 Subtema 1 Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 060796 Kecamatan Medan Area Tahun Ajaran 2020/2021

Nurjannah, Ika (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Web Di Masa Pandemi Pada Pembelajaran IPS Tema 5 Subtema 1 Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 060796 Kecamatan Medan Area Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsiiiiiiiiii.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan modul pembelajaran berbasis web di masa pandemi pada pembelajaran IPS tema 5 subtema 1 bagi siswa kelas IV SD Negeri 060796 Kecamatan Medan Area Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 060796 Medan Area. Instrumen penelitian berupa kuesioner/angket, Instrumen tes, instrumen respon peserta didik, dan instrumen respon guru. Sumber data yang yang dikumpulkan berupa data kuantitatif lalu dianalisis menggunakan statistik deskriptif melalui teknik persentase. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu : 1) Pengembangan modul pembelajaran berbasis web. 2) Uji validitas modul pembelajaran berbasis web memperoleh skor 97% dengan tingkat kevalidan “sangat valid” berdasarkan tabel kriteria kevalidan produk oleh ahli media, memperoleh skor 98% dengan tingkat kevalidan “sangat valid” berdasarkan tabel kriteria kevalidan produk oleh ahli isi/materi, dan memperoleh skor 94% dengan tingkat kevalidan “sangat valid” berdasarkan tabel kriteria kevalidan produk oleh guru. 3) Uji kelayakan modul pembelajaran berbasis web memperoleh skor 89% berdasarkan uji coba lapangan dengan kategori sangat layak, memperoleh skor 89% berdasarkan respon peserta didik dengan kategori sangat layak, dan memperoleh skor 91% berdasarkan respon guru dengan kategori sangat layak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul pembelajaran berbasis web pada pembelajaran IPS tema 5 subtema 1 sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran berbasis web, pembelajaran IPS Tema 5 Subtema 1
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Sep 2022 05:54
Last Modified: 14 Sep 2022 05:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15881

Actions (login required)

View Item View Item