PERBEDAAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ DAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS SISWA MADRASAH ALIYAH SWASTA KOTA GUNUNGSITOLI

Gea, Laely Fitriansyah (2021) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ DAN PRACTICE REHEARSAL PAIRS SISWA MADRASAH ALIYAH SWASTA KOTA GUNUNGSITOLI. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
FULL TESIS LAELY.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah mengenai rendahnya hasil belajar siswa untuk bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam sebagaimana yang sudah dilihat oleh peneliti dan hal ini tidak terlepas dari pengaruh berbagai faktor dalam kegiatan pembelajaran. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah metode mengajar guru yang kurang menarik sehingga siswa merasa jenuh dan kurang memperhatikan pelajaran yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan model rancangan kuasi eksperimental dengan analisis varians (Anava) 1 jalur dengan desain 2 x 1. Selanjutnya akan dibandingkan strategi team quiz dan strategi practice rehearsal pairs sebagai variabel bebas, dan perolehan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat, dengan menggunakan populasi dan sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan perbedaan yang signifikan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif tipe team quiz dan strategi pembelajaran aktif tipe practice rehearsal pairs. Hal ini teruji kebenarannya melalui perhitungan statistik uji t diperoleh harga thitung = 3,00 sedangkan harga ttabel = 2,0231. Kemudian dilihat dari rata-rata hasilnya belajarnya maka hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam yang diajar dengan strategi team quiz =17,85 lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam yang diajar dengan strategi practice rehearsal pairs = 16,35.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Sep 2022 05:44
Last Modified: 14 Sep 2022 05:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15878

Actions (login required)

View Item View Item