Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Think Pair Share Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi SPtLDV Kelas X SMK Swasta Al-Fattah 2 Medan

Salkar, Rauzatul Jannah (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Kooperatif Think Pair Share Dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi SPtLDV Kelas X SMK Swasta Al-Fattah 2 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI Rauzatul Jannah Salkar.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kunci: Think Pair Share Dan Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah danPemahaman Konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe kooperatif think pair share dan problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, baik dalam pembelajaran Think Pair Share maupun Problem Based Learning. Tes yang digunakan berbentuk uraian populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Al-Fattah 2 Medan, Tahun Ajaran 2020-2021 yang berjumlah 150 siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis Regresi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan: 1) Terdapat Pengaruh Think Pair Share dengan Model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dengan Qhit (5,05) > Qtabel (3,96); 2) Terdapat pengaruh model Think Pair Share dengan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep, dengan Qhit (24,74) > Qtabel (3,96); 3) Terdapat pengaruh model Think Pair Share terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematis siswa, dengan Qhit (5,29) < Qtabel (3,96); 4) Terdapat pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep matematis, dengan Qhit (8,34) < Qtabel (3,96). Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa Siswa yangmemiliki kemampuan pemecahan masalah dan pemahaman konsep lebih baik diajar menggunakan model Think Pair Share daripada menggunakan model Problem Based Learning.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Think Pair Share Dan Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah danPemahaman Konsep.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Sep 2022 05:01
Last Modified: 14 Sep 2022 05:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15874

Actions (login required)

View Item View Item