Penggunaan Alat Permainan Edukatif Boneka Tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah kalam Siswa Kelas VII Pondok Pesantren Pendidikan Islam Yaqubiyah Padang Bolak

Pane, Latipa Hani (2021) Penggunaan Alat Permainan Edukatif Boneka Tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah kalam Siswa Kelas VII Pondok Pesantren Pendidikan Islam Yaqubiyah Padang Bolak. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Latipa Hani Pane.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan maharah kalam siswa kelas VII Pondok Pesantren Pendidikan Islam Yaqubiyah Padang Bolak sebelum dan sesudah penggunaan boneka tangan serta mendeskripsikan pengaruh boneka tangan terhadap kemampuan maharah kalam siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) jenis Partisipan. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi secara berurutan. Objek penelitian ini adalah kemampuan maharah kalam siswa sedangkan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. Selanjutnya data dalam penelitian ini dianalis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan di sajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Berdasarkan hasil analisis data dalam pembahasan hasil penelitian, penggunaan alat permainan edukatif boneka tangan dapat meningkatkan kemampuan maharah kalam siswa kelas VII. Hal tersebut dapat di buktikan dengan peningkatan nilai rata-rata maharah kalam siswa sebelum dan sesudah penggunaan boneka tangan. Adapun nilai rata-rata maharah kalam siswa sebelum penggunaan boneka tangan atau pra sisklus adalah sebesar 36, 7 yang artinya kemampuan maharah kalam siswa masih dalam kategori mulai meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata maharah kalam siswa mengalami peningkatan sebesar 20,1 menjadi 56, 8 dan masih dalam kategori mulai meningkat, karena masih belum mencapai target penelitian di lanjutkan ke siklus II. Pada siklus II nilai rata-rata maharah kalam siswa mengalami peningkatan sebesar 20 menjadi 76,8 yang artinya kemampuan rata-rata maharah kalam siswa sudah mengingkat dengan baik dan sudah memenuhi target.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alat Permainan Edukatif, Boneka Tangan, dan Maharah Kalam
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Sep 2022 04:29
Last Modified: 14 Sep 2022 04:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15870

Actions (login required)

View Item View Item