Sihaloho, Wilpansyah Halim (2021) Pengaruh Model Cooperative Learning tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Tapanuli Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
skripsi wilpansyah halim sihaloho.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap hasil belajar IPS kelas VII MTs Negeri 1 Tapanuli Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas VII MTs (Madrasah Tsanawiyah) Negeri 1 Tapanuli Tengah, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu guru IPS, siswa kelas VII dan Kepala sekolah MTsN 1 Tapanuli Tengah. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian diperoleh simpulan bahwa : (1) Nilai rata-rata hasil tes hasil belajar siswa kelas VII-A MTsN 1 Tapanuli Tengah yang diajar dengan model pembelajaran jarak jauh melalui aplikasi zoom diperolah rata-rata pretest sebesar 42,5 dan rata-rata posttest sebesar 73,3. Ini berarti ada peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas VII-A sebesar 30,8 setelah diajar dengan model pembelajaran daring melalui aplikasi zoom. (2) Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai p = 0,001 dan standar deviasi 12, 401 dengan p < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran jarak jauh melalui aplikasi zoom.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Learning tipe Think Talk Write, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 03:00 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15860 |
Actions (login required)
View Item |