Pengaruh Model Cooperative Learning tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Tapanuli Tengah

Sihaloho, Wilpansyah Halim (2021) Pengaruh Model Cooperative Learning tipe Think Talk Write Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Tapanuli Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi wilpansyah halim sihaloho.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap hasil belajar IPS kelas VII MTs Negeri 1 Tapanuli Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas VII MTs (Madrasah Tsanawiyah) Negeri 1 Tapanuli Tengah, Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Adapun informan dalam penelitian ini yaitu guru IPS, siswa kelas VII dan Kepala sekolah MTsN 1 Tapanuli Tengah. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian diperoleh simpulan bahwa : (1) Nilai rata-rata hasil tes hasil belajar siswa kelas VII-A MTsN 1 Tapanuli Tengah yang diajar dengan model pembelajaran jarak jauh melalui aplikasi zoom diperolah rata-rata pretest sebesar 42,5 dan rata-rata posttest sebesar 73,3. Ini berarti ada peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas VII-A sebesar 30,8 setelah diajar dengan model pembelajaran daring melalui aplikasi zoom. (2) Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai p = 0,001 dan standar deviasi 12, 401 dengan p < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran jarak jauh melalui aplikasi zoom.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning tipe Think Talk Write, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 14 Sep 2022 03:00
Last Modified: 14 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15860

Actions (login required)

View Item View Item