Analisis Kesalahan Siswa dalam menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Metode Newman

Sari, Adinda Permata (2021) Analisis Kesalahan Siswa dalam menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Metode Newman. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI_ADINDA_PERMATA_SARI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan rendahnya hasil belajar peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Persoalan yang tumbuh adalah bagaimana proses peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika, serta jenis-jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik dengan berdasarkan metode Newman. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek penelitian yaitu 32 peserta didik kelas VII-1 MTs Negeri 1 Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, serta uji keabsahan data yang dilakukan dengan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika masih sangat rendah karena rendahnya nilai yang didapat peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Jenis- jenis kesalahan yang dilakukan peserta didik yaitu, kesalahan membaca soal (reading error) dengan 16 kesalahan, kesalahan dalam memahami soal (understanding error) dengan 24 kesalahan, kesalahan dalam keterampilan proses (process skill error) terjadi sebanyak 4 kesalahan, dan kesalahan dalam penulisan hasil akhir (endcoding error) yang terjadi sebanyak 6 kesalahan. Indikator- indikator kesalahan tersebut antara lain, tidak dapat membaca soal dengan benar, tidak menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan dari soal di dalam lembar jawaban, tidak dapat menghitung dengan benar pada langkah penyelesaian, tidak menuliskan jawaban akhir yang benar atau tidak menuliskan hasil akhir yang lengkap dan tepat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Siswa, Soal Cerita, metode newman
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:32
Last Modified: 07 Feb 2023 08:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15854

Actions (login required)

View Item View Item