Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Turunan di Kelas XI SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P 2019-2020

Syahfira, Firza (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Turunan di Kelas XI SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi firza syahfira terbaru-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) dan Group Investigation (GI) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi turunan di kelas XI SMA Negeri 1 Hamparan Perak TP. 2019-2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Hamparan Perak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA1 sebanyak 38 siswa dan kelas XI MIA4 sebanyak 38 siswa. Instrumen tes yang di gunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa adalah tes essay berupa pre test dan post test yang telah di validkan ke dosen dan guru bidang studi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Pelaksaanaannya melibatkan dua kelompok eksperimen, yaitu siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) yang disebut sebagai kelas eksperimen A dan siswa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang disebut sebagai kelas eksperimen B. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis data yang telah dilakukan terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada kelas STAD dengan hasil belajar matematika siswa pada kelas GI. Di mana hasil belajar matematika siswa pada kelas STAD lebih baik dari pada kelas GI pada pokok bahasan Trigonometri. Nilai rata-rata yang diperoleh kelas STAD untuk post test adalah 70,300 dengan standar deviasi sebesar 9,956 sedangkan untuk rata-rata post Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achivement Division (STAD) dan Group Investigation (GI) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi turunan di kelas XI SMA Negeri 1 Hamparan Perak TP. 2019-2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (eksperimen Semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Hamparan Perak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA1 sebanyak 38 siswa dan kelas XI MIA4 sebanyak 38 siswa. Instrumen tes yang di gunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa adalah tes essay berupa pre test dan post test yang telah di validkan ke dosen dan guru bidang studi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Pelaksaanaannya melibatkan dua kelompok eksperimen, yaitu siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) yang disebut sebagai kelas eksperimen A dan siswa diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) yang disebut sebagai kelas eksperimen B. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan analisis data yang telah dilakukan terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa pada kelas STAD dengan hasil belajar matematika siswa pada kelas GI. Di mana hasil belajar matematika siswa pada kelas STAD lebih baik dari pada kelas GI pada pokok bahasan Trigonometri. Nilai rata-rata yang diperoleh kelas STAD untuk post test adalah 70,300 dengan standar deviasi sebesar 9,956 sedangkan untuk rata-rata post test kelas GI adalah 59,400 dengan standar deviasi sebesar 12,147 lebih rendah dari nilai rata-rata sebelumnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memiliki perbedaan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI setelah dilakukan pengujian hipotesis. Dimana telah terbukti bahwa t-hitung > t-tabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat ditetapkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik diterapkan dalam proses pembelajaran dibandingkan pembelajaran kooperatif tipe GI.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:09
Last Modified: 12 Sep 2022 08:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15850

Actions (login required)

View Item View Item