Pengaruh Strategi Inkuiri Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Negeri 7 Percut Sei Tuan

Wulandari, Restu Indah (2020) Pengaruh Strategi Inkuiri Pada Pembelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Negeri 7 Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi an. Restu Indah Wulandari.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memahami pengaruh strategi inkuiri pada pembelajarn IPS terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 7 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sifat penelitian kuasi eksperimen. Dalam penelitian ini populasinya terdiri dari semua siswa kelas VII SMP Negeri 7 Percut Sei Tuan yang berjumlah 128 orang dan sampel yang digunakan yaitu kelas VII-I sebagai kelas kontrol dan VII-II sebagai kelas eksperimen. Instrument pada penelitian berupa tes pre test dan post test dengan 20 butir soal pilihan berganda dan teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji T dan Uji N-Gain. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi inkuiri terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 7 Percut Sei Tuan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima dengan taraf signifikan5% dan taraf nyata α =0,05 thitung > ttabel yaitu 4,889 > 1,671. Selain itu, berdasarkan uji N Gain diketahui bahwa penggunaan strategi inkuiri dalam pembelajaran IPS menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada kategori tinggi yaitu g > 0,70 yang berarti terjadi peningkatan hasil belajar menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 87,97. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa strategi inkuiri layak digunakan dalam pembelajaran IPS.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Inkuiri Pada Pembelajaran IPS, Hasil Belajar Siswa Kelas VII
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:52
Last Modified: 12 Sep 2022 07:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15843

Actions (login required)

View Item View Item