Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 4 Lubuk Pakam

Syafira, T. Putri Shuha Dwita (2020) Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 4 Lubuk Pakam. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi an. T. Putri Shuha Dwita Syafira (fix).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi Siswa tentang keterampilan mengajar guru 2) Minat Belajar Siswa 3) Pengaruh yang Signifikan pada Persepsi Siswa Mengenai Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 4 Lubuk Pakam. Penelitian skripsi ini memakai penelitian kuantitatif. Jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 188 siswa dan jumlah responden yang dijadikan sampel sebanyak 65 siswa dengan menggunakan Simple Random Sampling. Instrument pengumpulan data penelitian skripsi ini menggunakan angket yang berjumlah 40 item pernyataan tentang persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dan 40 item pernyataan tentang minat belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru dalam kategori sedang sebanyak 34 responden dengan 52,30% frekuensi relatif dan variabel minat belajar siswa dalam kategori sedang sebanyak 38 responden dengan 58,46% frekuensi relatif. Hasil Analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat belajar siswa dengan koefisien korelasi sebesar rhitung=0,8803 dan rtabel=0,244 pada taraf signifikan 5% dengan jumlah responden (N) = 65, maka didapatlah hasil bahwa rhitung > rtabel. Dengan demikian, hipotesis menyatakan ada pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa mengenai keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 4 Lubuk Pakam.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Sep 2022 05:59
Last Modified: 12 Sep 2022 05:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15839

Actions (login required)

View Item View Item