Peran Pendidikan IPS dalam Membentuk Sikap Pluralis Siswa MTs Titi Merah

Nisak, Khairun (2020) Peran Pendidikan IPS dalam Membentuk Sikap Pluralis Siswa MTs Titi Merah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi KHAIRUN NISAK 2015 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan IPS dalam membentuk sikap pluralis siswa kelas 9 MTs Titi Merah serta faktor yang mempengaruhi terbentuknya sikap pluralis pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Titi Merah kecamatan Lima Puluh Pesisir Kabupaten Batubara Provinsi Sumatera Utara. Adapun informan dalam penelitian yaitu guru bidang studi IPS, siswa kelas 9 dan kepala sekolah MTs Titi Merah. Berdasarkan hasil pembahasan penelitian diperoleh simpulan bahwa: (1) siswa kelas 9 MTs Titi Merah memiliki pengetahuan yang baik mengenai pluralitas dan keragaman budaya bangsa Indonesia, (2) dalam mengajar guru berpedoman pada buku teks IPS dan menggunakan metode ceramah, (3) peran pendidikan IPS dalam membentuk sikap pluralis siswa MTs Titi Merah yaitu mengenalkan kergaman dan pluralitas di Indonesia dan memberikan teladan serta contoh yang baik kepada siswa, (4) faktor yang mempengaruhi sikap pluralis siswa yaitu masyarakat lingkungan sekolah yang bersifat homogen dan siswa yang sulit diatur.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:39
Last Modified: 12 Sep 2022 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15823

Actions (login required)

View Item View Item