Sari, Dyana Latifa (2020) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa yang Diajarkan dengan Metode Tipe Think Pair Share dan Tipe Group Investigation di Kelas VII SMP-IT Nurul Hadina. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
SKRIPSI DYANA LATIFA SARI (0305162120)-1.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran tipe think pair share dan tipe group investigation dengan materi pokok Operasi Bentuk aljabar di kelas VII SMP-IT Nurul Hadina Patumbak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen.Populasinya adalah seluruh kelas VII di SMP-IT Nurul Hadina Patumbak yang berjumlah 3 (tiga) rombongan belajar. Sampel yang digunakan adalah kelas VII-A dan VII_B dengan masing-masing 30 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan uji-t dan kemudian dengan N-Gain. Hasil temuan ini menunjukkan : 1). Adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan metode pembelajaran Think Pair Share berdasarkan perbedaan nilai pre-test dan post-test siswa dengan thitung= 18,847> ttabel= 2,051 pada taraf (α = 0,05) dan N-Gain = 0,783. 2) Adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan metode pembelajaran group investigation berdasarkan perbedaan nilai pre-test dan post-test siswa dengan thitung= 29,481 > ttabel=2,051 pada taraf (α = 0,05) = dan N-Gain =.0,673. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa memiliki perbedaan yang diajarkan dengan metode l pembelajaran tipe Think Pair Share dan tipe group investigation.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Think Pair Share dan Group Investigation |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 12 Sep 2022 03:08 |
Last Modified: | 12 Sep 2022 03:08 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15814 |
Actions (login required)
View Item |