Yanti, Wirma (2021) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Course Review Horay (CRH) pada Materi Transformasi Geometri Kelas Xi SMA Swasta Panca Jaya Galang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Skripsi Bebas Perpustakaan Wirma Yanti.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dan course review horay (CRH) pada materi transformasi geometri kelas XI SMA Swasta Panca Jaya Galang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Populasinya seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 90 siswa, sedangkan sampelnya 30 siswa kelas ekperimen A dan 30 siswa kelas eksperimen B. Instrumen tes yang digunakan adalah teskemampuan pemahaman konsep dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, masing-masing terdiri dari 5 soal yang berbentuk uraian soal. Dalam penelitian ini hasil uji Fhitung untuk hipotesis pertama diperoleh harga Fhitung = 0.418 dan Ftabel = 4.007 berarti Fhitung < Ftabel maka H0 diterima. Hipotesis kedua diperoleh harga Fhitung = 5.271 dan Ftabel = 4.007 berarti Fhitung> Ftabel maka H1 diterima. Pada hipotesis ketiga diperoleh harga Fhitung = 5.175 dan Ftabel = 3.923 berarti Fhitung > Ftabel maka H1 diterima. Hasil temuan ini menunjukkan : 1) Ada perbedaan secara signifikan antara tingkat kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) pada materi transformasi geometri di kelas XI SMA SwastaPanca Jaya Galang. 2) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) pada materi transformasi geometri di kelas XI SMA Swasta Panca Jaya Galang 3) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) pada materi transformasi geometri di kelas XI SMA Swasta Panca Jaya Galang.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 04:22 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 04:22 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15786 |
Actions (login required)
View Item |