Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Tahfidz Di SMP Swasta Islam Terpadu Nurul ‘Azizi Medan

Barus, Rahma Safitri (2021) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Dan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Terhadap Hasil Belajar Tahfidz Di SMP Swasta Islam Terpadu Nurul ‘Azizi Medan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
ilovepdf_merged (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Tahfidz bukan hanya memberikan manfaat bagi kehidupan umat Islam tetapi merupakan kewajiban yang telah diperintahkan Allah SWT dalam ayat Al-Qur’an. Oleh karena itu, sekolah berbasis Islam seperti SMP Swasta Islam Terpadu Nurul ‘Azizi Medan menjadikan Tahfidz sebagai salah satu mata pelajaran dan hasil belajarnya menjadi perhatian guru untuk selalu ditingkatkan. Namun, observasi awal ditemukan bahwa sebanyak 35 dari 54 orang siswa kelas VIII yang mempunyai nilai belajar tahfidz di bawah KKM (<70). Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar tahfidz, yaitu faktor eksternal seperti media, dan faktor internal seperti kemampuan awal siswa (kemampuan membaca Al-Qur’an). Sehingga dilakukan penelitian untuk menganalisis pengaruh media audio visual dan kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar tahfidz di SMP Swasta Islam Terpadu Nurul ‘Azizi Medan. Adapun yang menjadi rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar tahfidz?; (2) Apakah terdapat pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar tahfidz?; dan (3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran dan kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar tahfidz? Penelitian ini berjenis penelitian Quasi Eksperimental dengan desain faktorial (factorial experimental design). Populasi dan sampel pada penelitian yaitu siswa kelas VIII di SMP Swasta Islam Terpadu Nurul ‘Azizi Medan yang berjumlah 54 orang dan terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIIA dan VIIIB. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan membaca Al-Qur’an dan hasil belajar tahfidz. Analisis data yang digunakan adalah uji analisis varians 2x2 dan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar tahfidz dengan besar pengaruh yaitu 28,62%; (2) terdapat pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar tahfidz dengan besar pengaruh yaitu 13,89%; dan (3) terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran dan kemampuan membaca Al-Qur’an terhadap hasil belajar tahfidz dengan besar pengaruh yaitu 41,21%.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar tahfidz, kemampuan membaca Al-Qur’an, media audio visual
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Sep 2022 03:54
Last Modified: 08 Sep 2022 03:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15779

Actions (login required)

View Item View Item