Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Siswa Kelas IV MIS Ubudiyah Kecamatan Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2020/2021

Ramadayanti, Nurfitri (2021) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Siswa Kelas IV MIS Ubudiyah Kecamatan Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
NURFITRI RAMADAYANTI SKRIPSI BISMILLAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi jenis-jenis pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi, sebelum menerapkan model Picture and Picture, sesudah menerapkan model Picture and Picture, dan untuk mengetahui respon siswa setelah menerapkan model Picture and Picture. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas IV MIS Ubudiyah Medan Perjuangan yang terdiri dari 21 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial meningkat. Pada tes awal (pre test) nilai rata-rata kelas sebesar 56,19 dan jumlah siswa yang yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 7 orang siswa atau sebesar 33,33%. Kemudian pada siklus 1 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 67,14 dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria tuntas adalah 12 siswa atau sebesar 57,14%. Pada siklus 2 nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 83,80 dengan jumlah siswa yang tuntas adalah 19 siswa atau sebesar 90,47%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Picture and Picture terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Picture and Picture, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:40
Last Modified: 05 Sep 2022 03:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15686

Actions (login required)

View Item View Item