Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Alumni SMP diMadrasah Aliyah Pesantren Modern Nurul Hakim Tembung Medan

Munthe, Rita Sahara (2018) Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Siswa Alumni SMP diMadrasah Aliyah Pesantren Modern Nurul Hakim Tembung Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi. Rita oke2 docx.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mata pelajaran bahasa arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing,mengembangkan serta menumbuhkan sikap positif terhadap bahasa arab. Pembelajaran bahasa arab sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran islam, yaitu al-Qur’an dan hadist, serta kitab-kitab berbahasa arab yang berkenaan dengan islam bagi peserta didik. Mata pelajaran bahasa arab dipersiapkan dimadrasah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar berbahasa, yang mencakup empat keterampilan yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Dilihat dari hasil ujian, kemampuan siswa dalam berbahasa arab sangat kurang. Oleh karena itu, peneliti tertarik mengambil judul tentang “ problematika pembelajaran bahasa arab”. Sekolah yang peneliti pilih untuk penelitian judul adalah MAs pesantren Nurul Hakim Tembung Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran bahasa Arab,baik dari segi linguistik maupun non lingusiatik. Masalah belajar bahasa Arab adalah masalahunsur-unsur tertentu dari proses penghambatan belajar bahasa Arab, masalah belajar bahasaArab terdiri dari; problematika linguistik yaitu problematika fonetik atau tata bunyi, kosa kata,tulisan, morfologi, sintaksis, dan semantik. Dan problematika non linguistik, diantaranya dariunsur guru atau pendidik, peserta didik, materi ajar dan media atau sarana prasarana, serta sosiokultural yang bebeda antara Indonesia dan Arab, tentunya mempunyai kondisi sosial yang berbeda yang akan menjadi problem dalam pembelajaran bahasa Arab. Perhatian dunia pada belajar bahasa Arab sudah dimulai sejak abad ke-17 dan pada tahun 1947 di Inggris dan berkembang pesat di dunia untuk Indonesia saat ini. Berdasarkan penjelasan diatas, penulis mengetahui bagaimana problematika pembelajaran siswa terhadap bahasa arab diMAs Pesantren Modern Nurul Hakim Tembung Medan. Oleh karena itu, peneliti berharap agar guru, orang tua dan masyarakat selalu memberi motivasi kepada siswa agar siswa mempunyai minat yang tinggi dalam pembelajaran bahasa arab. Dengan adanya minat yang tinggi siswa akan termotivasi terhadap sesuatu yang ingin dicapai.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:05
Last Modified: 05 Sep 2022 03:05
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15681

Actions (login required)

View Item View Item