Pengaruh Metode Eksperimen Dan Metode Demonstrasi Terhadap Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Tahun Di Ra Al-Ittihadiyah Jalan Sei Kera Medan T.A 2020-2021

Dewi, Ria Triana (2020) Pengaruh Metode Eksperimen Dan Metode Demonstrasi Terhadap Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Tahun Di Ra Al-Ittihadiyah Jalan Sei Kera Medan T.A 2020-2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
RIA TRIANA DEWI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Mengetahui adanya pengaruh penerapan metode eksperimen terhadap kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di Ra Al-Ittihadiyah jalan sei kera medan. (2) Mengetahui apakah terdapat pengaruh metode demonstrasi terhadap kecerdasan naturalis Anak Usia 5-6 tahun di Ra Al-Ittihadiyah jalan sei kera medan. (3) Mengetahui apakah ada perbedaan pengaruh metode eksperimen dengan metode demonstrasi terhadap kecerdasan naturalis anak usia 5-6 Tahun di R Al-Ittihadiyah jalan sei Kera medan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01 September sampai 02 Oktober 2020, Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif berbasis Quasi Eksperimental, dan desain penelitiannya menggunakan Post-Test kontrol Grup Desain. Metode pengumpulan data ini menggunakan Observasi, dan Dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode eksperimen berpengaruh terhadap kecerdasan naturalis anak kelompok B Hal ini berdasarkan dari hasil penelitian di kelas eksperimen, diperoleh hasil kecerdasan naturalis dengan skor rata-rata pre-test 5,1 dengan nilai terendah 3 dab nilai tertinggi 8, dan skor ratarata Post-Test 8,1 dengan nilai terendah 5 dan nilai tertinggi 10 sehingga kecerdasan naturalis anak di keas eksperimen lebih baik dari kelas control. Adapun kecerdasan naturalis anak dikelas kontrol mendapakan skor rata-rata pre test 5 dan rata-rata post-test 5,8 dengan nilai tertinggi 8 dan nilai terendah 3. Hal ini dilihat dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, diketahui nilai post test dari kelas kontrol dan kelas eksperimen nilai thitung = 1,977 dengan taraf α = 0,05 didapat dari tabel t pada dk 12 diperoleh nilai ttabel = 1,782. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel, sehingga hasil penelitian adalah signifikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen Dan Metode Demonstrasi Kecerdasan Naturalis.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Sep 2022 05:17
Last Modified: 02 Sep 2022 05:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15649

Actions (login required)

View Item View Item