Peran Guru IPS Dalam Membentuk Keterampilan Siswa Kelas VII MTsN 2 Medan. T.P.2019/2020

Ichsan, Muhammad (2020) Peran Guru IPS Dalam Membentuk Keterampilan Siswa Kelas VII MTsN 2 Medan. T.P.2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi muhammad Ichsan paling benar.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Ktrampilan siswa kelas VII di sekolah MTsN 2 Medan Jl. Peraturan, Kenangan Baru, Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara 20371. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) Bagaimana ketrampilan sosial siswa kelas VII MTsN 2 Medan? (2) Bagaimana Peran Guru IPS Sebagai Pembimbing Dalam Membenetuk Ketrampilan Siswa kelas VII MTsN 2 Medan? (3) Bagaimana Peran Guru IPS Sebagai Pembimbing Dalam Membenetuk Ketrampilan Siswa kelas VII MTsN 2 Medan? (4) Bagaimana Peran Guru IPS Sebagai Pendidik Dalam Membenetuk Ketrampilan Siswa kelas VII MTsN 2 Medan? Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Kualitatif, yang terdiri dari Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian adalah Guru IPS siswa/siswi kelas VII MTsN 2 Medan. Hasil penelitian yang dilakukan menggambarkan siswa kelas VII MtsN 2 Medan masih butuh peran guru IPS yang sangat berperan sebagai aktif sebagai pembimbing, pelatih, dan pendidik. Dimana guru berperan sebagai pembimbing peserta didik agar selalu mengawasi prilaku, komunikasi, dan interaksi sesama peserta didik. Guru sebagai pelatih dmna guru harus bisa membiasakan peserta didik selalu beprilaku baik, melatih saling tolong-menolong. Guru sebagai Pendidik dmna guru harus bisa mendidik anak dengan ilmu pengetahuan sosial. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Kualitatif maka dapat disimpulkan peran guru dalam membentuk ketrampilan sosial sangat penting untuk membentuk karakter peserta didik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Eksploratory Discovery, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:04
Last Modified: 02 Sep 2022 04:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15636

Actions (login required)

View Item View Item