Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Berbasis Macromedia Flash Di Kelas X MA Pondok Pesantren Darul Qur’an T.P 2021-2022

Nasution, Mhd. Iqbal (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Berbasis Macromedia Flash Di Kelas X MA Pondok Pesantren Darul Qur’an T.P 2021-2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Muhammad Iqbal Nst.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika melalui macromedia flash pada materi sistem persamaan linier tiga variabel di kelas X MA Pondok Pesantren Darul Qur’an. Penilitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keparktisan dan keefektifan media yang dikembangkan. Materi ajar yang disajikan peneliti ialah sistem persamaan linier tiga variabel untuk kelas peserta didik kelas X MA Pondok Pesantren Darul Qur’an. Subjek dalam penilitian ini ialah pesera didik kelas X MIA 3 MA Pondok Pesantren Darul Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D, yakni: tahap pendefenisian (define), tahap perencanaan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penilitian ini ialah lembar validasi untuk mengukur kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan, lembar angket respon siswa, lembar angket respon guru, serta tes hasil belajar siswa. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penilitian ini dinyatakan valid, berdasarkan skor persentase kelayakan oleh ahli media yaitu 75% dan oleh ahli materi yaitu 89% dengan kategori sangat layak. Dari data angket respon guru juga dapat dilihat bahwa guru menilai media pembelajaran termasuk dalam kriteria sangat praktis dengan mencapai persentase sebesar 82,5%. Serta menurut respon siswa media pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kriteria praktis dengan presentase sebesar 70%. Media pembelajaran yang dikembangkan ini telah memenuhi kriteria efektif berdasarkan nilai uji hipotesis yang dilakukan dimana, thitung = 14,12 dan ttabel = 1,70. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (14,12 > 1,70). Berdasarkan kriteria uji-t, jika thitung > ttabel maka Ho ditolak sekaligus menerima Ha. Sehingga hipotesis alternatif Ha yang menyatakan “Pengembangan media pembelajaran matematika pokok bahasan sistem persamaan linier berbasis Macromedia Flash efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X MA Pondok Pesantren Darul Qur’an T.P 2021- 2022” diterima.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Macromedia Flash, 4D
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:55
Last Modified: 01 Sep 2022 05:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15611

Actions (login required)

View Item View Item