Efektivitas Pendekatan Konstektual Terintegrasi Al-Quran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Di MA LAB IKIP Al-Washliyah Medan

Sofian, Sofian (2021) Efektivitas Pendekatan Konstektual Terintegrasi Al-Quran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Di MA LAB IKIP Al-Washliyah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
skripsi sofia_tadris biologi_fix.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pendekatan Konstektual Terintegrasi Al-Quran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Di MA LAB IKIP Al-Wasliyah Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian experiment yang pelaksanaannya menggunakan jenis quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian terdiri dari 30 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas XI-1 MA berjumlah 15 siswa dan kelas XI-2 MA berjumlah 15 siswa. Hasil belajar pada kelas kontrol yang menggunakan pendekatan ceramah (konvensional) memperoleh hasil kurang memuaskan. Perhitungan yang dilakukan menggunakan uji N-gain yang menunjukkan pada kelas eksperimen sebesar 0,87 (kategori sedang) dan pada kelas kontrol sebesar 0,58 (kategori sedang) dan menggunakan uji t independent sample test yang menunjukkan bahwa ttabel < thitung (1,69 < 2,25) pada taraf kesalahan 5%. Selisih persentase kenaikan dari pretest ke posttest juga lebih besar kelas ekperimen dengan 84,4% dan kelas kontrol dengan 75,4 %. Jadi sumbangan efektif penggunaan model pembelajaran CTL sebesar 11,8 %. Dengan demikian, dapat diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan konstektual terintegrasi Al-Quran dengan kelas kontrol yang menggunakan pendakatan ceramah (konvensional).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CTL ( Konstektual Teaching and Learning), Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:55
Last Modified: 01 Sep 2022 04:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15604

Actions (login required)

View Item View Item