Pengaruh Model Pembelajaran Assurance,Relevance,interest, Assesment, Satisfaction dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op Terhadap Kemampuan Pemahaman konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Matriks Siswa Kelas XI MA AlWasliyah 12 Perbaungan T.A 2020/2021

Simatupang, Sari Fauziyyah (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Assurance,Relevance,interest, Assesment, Satisfaction dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op Terhadap Kemampuan Pemahaman konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Matriks Siswa Kelas XI MA AlWasliyah 12 Perbaungan T.A 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skiripsi Sari Fauziyyah Simatupang 2.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS dan kooperatif tipe Co-op co-op 2) Pengaruh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS dan kooperatif tipe Co-op co-op. 3) Pengaruh kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS dan kooperatif tipe co-op co-op. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MA Al Washliyah 12 Perbaungan yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti merupakan sampling jenuh, yaitu kelas X MIA-1 dan X MIA-2 yang masing-masing berjumlah 30 siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan eksperimen II. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika ii siswa yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS dan kooperatif tipe co-op coop materi matriks dengan Fhitung = 4,688 > Ftabel pada taraf ( = 0,05) = 4,007; 2) Tidak terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS dan kooperatif tipe co-op co-op materi matriks dengan Fhitung = 0,801 < Ftabel pada taraf ( = 0,05) = 4,007; 3) Terdapat pengaruh kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahaan masalah matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran ARIAS dan kooperatif tipe co-op co-op materi pokok matriks dengan Fhitung = 4,525 (model pembelajaran) dan Fhitung = 4.116 (kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis) > Ftabel pada taraf ( = 0,05) =3,923.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah, Model Pembelajaran ARIAS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Triana Santi
Date Deposited: 31 Aug 2022 07:42
Last Modified: 31 Aug 2022 07:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15600

Actions (login required)

View Item View Item