Pengaruh Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas IV MIS An-Nur Bandar Khalipah

Lestari, Putri Indah (2021) Pengaruh Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Kelas IV MIS An-Nur Bandar Khalipah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Putri Indah Lestari_0306173169_PGMI2017.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) penggunaan model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran IPS, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, 3) pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 40 siswa. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS yang dikumpulkan melalui tes Multiple choice (Pilihan Ganda). Data analisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (Uji-t). Temuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil belajar IPS siswa dilihat dari rata-rata nilai ter akhir (post test) pada kelas eksperimen (IVB) dengan menggunakan model Role Playing Pembelajaran IPS diperoleh rata-rata post test sebesar 89,5. sedangkan kelas control (IVA) dengan menggunakan metode diskusi dan media buku paket pembelajaran IPS diperoleh rata-rata post test sebesar 71,00. 2)Berdasarkan hasil rata-rata post test bahawa pembelajaran menggunakan model Role Playing memiliki hasil belajar yang lebih baik. 3) Berdasarkan uji statistik t pada data post test bahwa diperoleh hasil yang signifikan pada hasil belajar siswa dengan nilai thitung adalah 9,296. Hasil thitung selanjutnya dikonsultasikan dengan nilai ttabel yaitu 2,021. Berarti sesuai dengan kriteria penilaian diperoleh thitung > ttabel sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Atau jika thitung < ttabel (9,296 > 2,021) pada α=5% atau P value (sig) > α, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Role Playing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV di MIS An-Nur Bandar Khalipah Tahun Ajaran 2021/2022.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Role Playing, Ilmu Pengetahuan Soial (IPS), Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:40
Last Modified: 30 Aug 2022 04:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15584

Actions (login required)

View Item View Item