Telaumbanua, Irda Sukma Murni (2022) Manajemen Kurikulum Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Gunungsitoli. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
FULL TESIS IRDA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang Manajemen Kurikulum Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Gunungsitoli. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha memberikan gambaran suatu kondisi, sifat, karakteristik, dari suatu fenomena atau obyek penelitian, atau hanya menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel, gejala atau suatu keadaan. Pendekatan ini bertujuan untuk menggambarkan, menuturkan, dan menafsirkan fenomena realitas sosial yang ada, dengan data yang ditemukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan diperiksa keabsahannya melalui standar keabsahaan data berupa: kredibilitas dengan melakukan pengamatan, keteralihan dengan melakukan uraian data yang telah diteliti, ketergantungan dengan teknik memeriksa, menganalisis dan mengkonfirmasi pada data yang diteliti, dan ketegasan untuk mengklasifikasikan data-data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan perencanaan kurikulum rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Gunungsitoli dilaksanakan dalam kegiatan rapat tahunan yang membahas tentang program madrasah dalam jangka satu tahun yang dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pada tim pertama dan tim kedua. Dasar pelaksanaan perencanaan kurikulum rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Gunungsitoli adalah visi dan misi madrasah. Pengorganisasian kurikulum rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Gunungsitoli terbagi dua, yaitu pada tingkat struktural dan tingkat kelas dengan mengikuti standar operasional prosedur yang telah ditetapkan. Pengorganisasian kurikulum rumpun mata pelajaran rumpun Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan mengintegrasikan seluruh komponen kurikulum rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan memfokuskan pada visi dan misi madrasah.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 08:40 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 08:40 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15574 |
Actions (login required)
View Item |