Pengaruh Strategi Pembelajaran Kolaboratif dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar Akidah Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Gunungsitoli

Zai, Haswanti (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kolaboratif dan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar Akidah Akhlak Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Gunungsitoli. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
FULL TESIS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam bagaimana pengaruh strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa, serta bagaimana pula interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Gunungsitoli. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan metode quasi-eksperimen. Metode ini dipilih karena kelas yang dipakai untuk perlakuan baik untuk kelas pembelajaran dengan kolaboratif maupun kelas pembelajaran kompetitif merupakan kelas yang sudah terbentuk sebelumnya dan karakteristik siswa yang dikontrol adalah motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap capaian hasil belajar, dalam hal ini rata-rata hasil belajar Akidah Akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kota Gunungsitoli yang diajar dengan strategi pembelajaran kolaboratif lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar Akidah Akhlak siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kompetitif, dimana dari hasil pengujian statistik diperoleh Fhitung = 29,57 sedangkan nilai Ftabel = 3,96 untuk dk (1,76) dan taraf nyata  = 0,05. ternyata nilai Fhitung = 29,57 > Ftabel = 3,96. Dengan demikian strategi pembelajaran kolaboratif lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran Akidah Akhlak guna meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak siswa. Begitu juga terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap capaian hasil belajar, dengan motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar Akidah Akhlak siswa dengan hasil pengujian statistik diperoleh diperoleh Fhitung = 4,43 sedangkan nilai Ftabel = 3,96 untuk dk (1,76) dan taraf nyata  = 0,05. Ternyata nilai Fhitung = 4,43 > Ftabel = 3,96. Sedangkan hasil dari interaksi antara strategi pembelajaran dengan motivasi belajar, di mana siswa dengan motivasi belajar tinggi lebih tepat diajar menggunakan strategi pembelajaran kolaboratif, sedangkan siswa dengan motivasi belajar rendah lebih tepat diajar dengan strategi pembelajaran kompetitif, terbukti melalui pengujian statistik diperoleh diperoleh Fhitung = 7,18, sedangkan nilai Ftabel = 3,96 untuk dk (1,76) dan taraf nyata  = 0,05. Ternyata nilai Fhitung = 7,18 > Ftabel = 3,96.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 29 Aug 2022 08:24
Last Modified: 29 Aug 2022 08:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15569

Actions (login required)

View Item View Item