Pengembangan Model Layanan Konsultasi Berbasis Cognitive Behavior Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa SMA Di Kota Semarang

Sinaga, M. Harwansyah Putra (2022) Pengembangan Model Layanan Konsultasi Berbasis Cognitive Behavior Untuk Meningkatkan Academic Hardiness Siswa SMA Di Kota Semarang. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UINSU Medan.

[img] Text
Laporan Penelitian [M. Harwansyah Putra Sinaga].pdf

Download (1MB)

Abstract

Academic hardiness adalah kepribadian seorang siswa yang tahan banting terhadap tuntutan dan beban akademik di sekolah. Siswa yang memiliki academic hardiness yang baik akan memiliki komitmen dalam pelaksanaan beban dan tuntutan akademik, memiliki kontrol terhadap diri dan peristiwa yang terjadi khususnya terhadap beban dan tuntutan yang diberikan kepadanya serta memandang bahwa beban dan tuntutan tersebut sebagai tantangan yang harus diselesaikan. Academic hardiness siswa dapat dikembangkan melalui layanan konsultasi berbasis cognitive behavior dimana layanan konsultasi yang diintegrasikan dengan pendekatan cognitive behavior. Tujuan penelitian ini adalah: 1) memperoleh deskripsi academic hardiness pada siswa SMA di Kota Semarang, 2) memperoleh deskripsi pelaksanaan layanan konsultasi di SMA Kota Semarang untuk meningkatkan academic hardiness, 3) memperoleh analisis kebutuhan model layanan konsultasi berbasis cognitive behavior untuk meningkatkan academic hardiness siswa di SMA Kota Semarang, 4) menghasilkan model layanan konsultasi berbasis cognitive behavior untuk meningkatkan academic hardiness pada siswa SMA di Kota Semarang ditinjau dari aspek kebermanfaatan, kemudahan, kepatutan, dan ketepatan, dan 5) menguji keefektifan model layanan konsultasi berbasis cognitive behavior untuk meningkatkan academic hardiness pada siswa SMA di Kota Semarang ditinjau dari aspek kebermanfaatan, kemudahan, kepatutan, dan ketepatannya. Metode penelitian ini menggunakan metode research and development dengan langkah penelitian meliputi: research and information collecting, planning, develop prelimenary form of product, preliminary field testing, main product revision, main filed testing, dan operational product revision. Subjek uji coba sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologis academic hardiness, angket, wawancara, observasi dan validasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik dengan menggunakan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tingkat academic hardiness siswa SMA di Kota Semarang sebelum diberikan perlakuan diketahui mayoritas pada kategori rendah, 2) layanan konsultasi di SMA Kota Semarang sudah terprogram namun pelaksanaannya belum maksimal untuk meningkatkan academic hardiness siswa, 3) guru BK/Konselor sekolah di SMA Kota Semarang membutuhkan model layanan konsultasi cognitive behavior untuk meningkatan academic hardiness, 4) diperoleh layanan konsultasi berbasis cognitive behavior untuk meningkatkan academic hardiness siswa SMA di Kota Semarang berdasarkan kriteria kelayakan model yakni aspek kebermanfaatan, kemudahan, kepatutan dan ketepatan, dan 5) model layanan konsultasi berbasis cognitive behavior efektif untuk meningkatkan academic hardiness siswa. Saran (1) Bagi Kepala Sekolah, memberikan kesempatan, dukungan, dan fasilitas kepada guru BK/Konselor sekolah untuk melaksanakan layanan konsultasi berbasis cognitive behavior, (2) Bagi guru BK/Konselor sekolah, hendaknya menerapkan layanan konsultasi berbasis cognitive behavior untuk meningkatkan academic hardiness siswa serta senantiasa mengembangkan kompetensi yang dimilikinya khususnya dalam memberikan layanan konsultasi berbasis cognitive behavior, dan (3) Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan bidang kajian ini dalam berbagai variabel dan sudut pandang serta menguji keefektifan model ini secara lebih luas.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:06
Last Modified: 29 Aug 2022 04:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15555

Actions (login required)

View Item View Item