Kontribusi Penerapan Metode Pembelajaran Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Kota Gunungsitoli

Zega, Faris Indra Pratama (2022) Kontribusi Penerapan Metode Pembelajaran Dan Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta Kota Gunungsitoli. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
FULL TESIS FARIS INDRA_compressed.pdf

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penerapan metode pembelajaran, Aktivitas belajar, Hasil belajar, serta kontribusi positif dan signifikan terhadap hasil belajar Fikih siswa Madrasah Tsanawiyah Swasta seKota Gunungsitoli. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian korelasi (correlational research), dengan menggunakan populasi dan sampel. Populasi yang disertakan dalam penelitian ini adalah empat madrasah yaitu: MTs S Nahdatul Ulama Gunungsitoli, MTs S Ummi Kalsum, MTs S Ash-Habul Kahfi, dan MTs S Islamic Center Olora. Adapun siswa yang diikutsertakan sebagai populasi hanya siswa kelas VIII saja yang berjumlah 72 siswa. Sedangkan sampelnya karena jumlah populasi kurang dari 100, maka keseluruhan anggota populasi dijadikan sampel penelitian yaitu 72 siswa dari keempat madrasah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Swasta se-Kota Gunungsitoli yang dimulai dengan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran pada awal semester dengan mempertimbangkan standar kompetnsi, kompetensi inti, visi misi dan tujuan madrasah serta kebutuhan siswa. Kemudian dilaporkan pada rapat guru untuk mendapatkan masukan dari teman sejawat dan kepala madrasah. Terdapat kontribusi positif dan signifikan antara penerapan metode pembelajaran dengan hasil belajar Fikih siswa, Artinya semakin tinggi dan positif penerapan metode pembelajaran maka semakin tinggi dan positif pula hasil belajar siswa dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 9,90%. Hal ini diartikan bahwa variasi yang terjadi pada variabel penerapan metode pembelajaran sebesar 9,90% dapat diprediksi dalam meningkatkan hasil belajar Fikih siswa. Selanjutnya terdapat linearitas dan keberartian regresi variabel penerapan metode pembelajaran terhadap variabel hasil belajar yang dibuktikan dengan adanya persamaan garis regresi Ŷ = 71,60 + 0,23X1 yang bermakna terjadi peningkatan pada satu skor penerapan metode pembelajaran akan meningkat setiap 0,23 skor pada hasil belajar sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Aug 2022 04:39
Last Modified: 26 Aug 2022 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15537

Actions (login required)

View Item View Item