Efektivitas Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu

Nadiya, Feni (2021) Efektivitas Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI FENI NADIYA .pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring (dalam jaringan) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu. (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran daring (dalam jaringan) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan kajian pustaka sebagai bahan referensi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam dan beberapa siswa/siswi SMA Negeri 1 Panai Hulu yang sedang menggunakan pembelajaran berbasis Daring (dalam jaringan). Kemudian dianalisis menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian adalah: Dalam proses pembelajaran daringdi SMA Negeri 1 Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu sudah melakukan pembelajaran daring (dalam jaringan) dengan baik dan pendidik juga berusaha semaksimal mungkin, tetapi berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan kurang efektif karenadalam proses pembelajaran daring ada beberapa kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran daring seperti: (1) Lokasi rumah peserta didik tidak semua terjangkau dari jaringan internet, guru/siswa kurang memahami teknologi sehingga guru sulit mengirimkan tugas kepada siswa begitu juga sebaliknya, (2) bagi pendidik sulit memahami karakter ataupun perlalaku siswa,(3) pembelajarannya cendrung tugas online yang belum tentu semua siswa paham, (4) tidak semua siswa peduli terhadap tugas yang diberikan oleh pendidikan, (5) penyerapan materi pelajaran sangat minimalis dan lain sebagainya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran PAI
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:50
Last Modified: 26 Aug 2022 03:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15528

Actions (login required)

View Item View Item